Sejarah Kesenian Barongsai Masuk Ke Indonesia

- Jumat, 20 Januari 2023 | 20:28 WIB
Atraksi kesenian Barongsai  (Ist)
Atraksi kesenian Barongsai (Ist)

TRENDBERITA.COM-Salah satu yang hadir di setiap perayaan Imlek adalah atraksi barongsai. Barongsai merupakan tarian asal Tiongkok yang menggunakan atribut yang menyerupai singa.

Dalam sejarahnya, kesenian barongsai masuk ke Indonesia pada abad ke-17, ketika terjadi migrasi besar-besaran dari Tiongkok Selatan. Kesenian barongsai mengalami masa jaya di Indonesia ketika masih ada perkumpulan Tiong Hoa Hwe Koan.

Pada tahun 1965 setelah munculnya Gerakan G30S/PKI kesenian barongsai sempat dilarang beratraksi. Karena situasi politik pada saat itu tidak kondusif, maka segala macam bentuk kebudayaan Tionghoa di Indonesia dilarang.

Baca Juga: Berikut Pernak-Pernik Untuk Menghiasi Tahun Baru Imlek 2023

Kesenian barongsai diizinkan kembali untuk melakukan atraksi di tempat umum sejak kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Hal itu terjadi setelah dicabutnya Inpres No.14/1967 atas larangan merayakan kebudayaan Tionghoa secara terbuka.

Bagi masyarakat Tionghoa, barongsai dipercaya dapat mengusir aura buruk dan roh jahat. Selain itu juga dianggap membawa keberuntungan untuk acara tertentu, seperti pembukaan sebuah tempat usaha dan pendirian kelenteng.

Baca Juga: Penasaran, Apa Makna dan Sejarah Kue Keranjang Yang Khas di Tahun Baru Imlek

Kepercayaan tersebut berdasarkan Legenda Nian, sebuah legenda tentang binatang yang hidup dalam mitologi Tionghoa. Nian yang senang membuat takut masyarakat bisa dikalahkan oleh barongsai.

Pada masa Dinasti Qing, Nian yang muncul menjelang tahun baru menimbulkan ketakutan di perkampungan. Pada saat itu muncul seekor singa yang berhasil menghalangi Nian yang tengah menakut-nakuti masyarakat. Nian pun merasa sakit hati dan berniat membalas dendam.

Halaman:

Editor: Muhammad Tahir

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesta Adat Murok Jerami, Wujud Ketahanan Pangan Desa

Selasa, 31 Januari 2023 | 03:39 WIB

Molen Lantai 193 CPNS Kota Pangkalpinang

Selasa, 31 Januari 2023 | 03:12 WIB

Sekda Naziarto: ASN Melayani, Bukan Dilayani

Senin, 23 Januari 2023 | 19:49 WIB
X